20170321

Tips mendaki gunung yang aman

Apakah hobi Anda? Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang dapat meninkatkan adrenalin. Selain itu mendaki gunung juga dapat membuat kita lebih mensyukuri nikmat Tuhan yang telah diberikan pada kita. Hobi mendaki gunung tidak terbatas hanya untuk laki-laki. Hobi mendaki gunung juga bisa dimiliki oleh perempuan. Pada intinya tidak ada batasan untuk memiliki hobi mendaki gunung baik untuk orang tua maupun anak-anak tidak ada larangan. Bahkan belum lama ini ada seorang pendaki yang membawa serta anaknya yang masih bayi untuk menikmati udara dan pemandangan di pegunungan.

tips mendaki gunung

Mendaki gunung memiliki banyak manfaat antara lain menyehatkan jiwa raga, melatih rasa empati sesama, menurunkan sifat egois antar sesama ketika mendaki, melatih mental dan fisik agar lebih kuat, dan masih banyak manfaat yang lainnya. Tujuan mendaki gunung adalah untuk mencapai puncak gunung. Perlu usaha yang tidak sedikit agar bisa sampai di puncak. Namun, usaha yang dilakukan untuk mencapai ke puncak haruslah usaha yang baik. Jangan menghalalkan segala usaha termasuk usaha yang tidak baik hanya untuk mencapai ke puncak gunung. Jika dicermati, mendaki gunung itu memiliki filosofi hidup. Jika puncak gunung diibaratkan kesuksesan, maka proses mendaki gunung adalah proses yang harus kita jalankan untuk mencapai sukses tersebut.

Tujuan semua pendaki gunung adalah dapat mencapai puncak dan dapat kembali lagi pulang ke rumah. Oleh karena itu, agar tujuan itu dapat sempurna terpenuhi maka seorang pendaki seharusnya mengetahui tips mendaki gunung yang aman. Tips mendaki gunung yang aman sangat penting diketahui agar selama proses pendakian seorang pendaki tidak mengalami banyak hambatan dan dapat selamat kembali ke rumah. Berikut ini adalah beberapa tips mendaki gunung yang aman:

Tips mendaki gunung yang pertama adalah perencanaan yang matang. Segala sesuatu yang direncanakan secara matang akan mendapatkan hasil yang bagus dan memuaskan. Apalagi ketika mendaki gunung itu seperti pertaruhan hidup dan mati. Oleh karena itu merencanakan secara matang tentang acara pendakian merupakan hal yang sangat penting dan utama dalam tips mendaki gunung yang aman.

Tips mendaki gunung yang aman kedua adalah persiapan fisik dan mental. Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi bahwa mendaki gunung itu berkaitan dengan fisik dan mental makan sebelum mendaki gunung persiapkanlah fisik dan mental Anda secara matang.

Tips mendaki gunung yang aman ketiga adalah seorang pendaki harus mengetahui dan memepelajari medan dan rute yang akan dilalui selama mendaki. Hal ini penting karena medan pegunungan berbeda dengan jalan biasa. Pastikan Anda untuk memahami betul medan dan rute yang akan Anda lewati selama proses pendakian gunung.

Tips mendaki gunung yang aman keempat adalah menyiapkan perlengkapan mendaki gunung secara efektif da fungsional. Perlengkapan mendaki gunung tidak perlu banyak yang penting efektif dan fungsional. Membawa perlengkapan terlalu banyak hanya akan membebani Anda selama proses perjalanan pendakian.

Tips mendaki gunung yang kelima adalah menyiapkan keperluan pangan dan logistik. Walaupun keperluan pangan dan logistik saya menempatkan pada urutan keempat dalam tips mendaki gunung yang aman bukan berarti ini bukanlah hal yang penting. Keperluan pangan dan logistik itu sangat penting bahkan berhubungan dengan hidup Anda selama perjalanan mendaki gunung.

Tips mendaki gunung yang keenam adalah melapor pada pos pendakian dan mendapatkan ijin mendaki gunung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat atau mengalami kecelakaan saat mendaki gunung.

Demikianlah tadi beberapa tips mendaki gunung yang aman. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah untuk para pendaki harus tetap menjaga kelestarian alam selama proses mendaki.

Salam Gunung!

Tips mendaki gunung yang aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dhiannis

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar ^_^