20170322

Kekinian thiwul ayu mbok sum

Mendengar kata thiwul pasti asing di telinga orang jaman sekarang, namun jika kita berkunjung ke Gunungkidul, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimwa Yogyakarta, thiwul ini sudah menjadi budaya disana. Thiwul merupakan makanan pokok warga sekitar, walaupun sekarang keberadaannya sudah mulai tergusur oleh nasi. Thiwul merupakan bahan pangan pokok warga sekitar yang terbuat dari singkong dan biasanya rasanya manis dengan tambahan gula jawa dalam pembuatannya dan parutan kelapa sebagai topingnya.

thiwul ayu mbok sum
Thiwul ayu mbok sum juga enak disantap sebagai pengganti nasi

Makanan legendaris ini mulai populer akhir-ahir ini berkat kejelian dan keuletan seorang mbok sum dalam melihat peluang pasar, beliau mulai merintis usaha thiwul ini. Thiwul mbok sum berani dalam menabrak "pakem" rasa yang sudah ada. Jika selama ini kita hanya mengenal thiwul rasa manis, maka dalam thiwul mbok sum ini kita akan disuguhkan berbagai varian rasa, diantaranya coklat, keju, gula pasir, maupun gulajawa. ternyata varian rasa dari thiwul mbok sum yang tidak didapatkan pada thiwul yang ada di pasaran ini yang membuat thiwul mbok sum semakin digemari, baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Saya sendiri kenal dengan thiwul mbok sum ini baru-baru saja, saat adik saya datang ke rumah dan membawakan sekotak thiwul. saya pikir, aneh sekali ini, ada thiwul dengan kemasan kotak nasi. hehe. karena biasanya thiwul identik dengan kemasan daun. setelah saya buka kotak nasi tersebut ternyata isinya adalah thiwul dan itu thiwul mbok sum. Saya cukup kaget karena thiwul ini beda dari yang biasa saya kenal, karena thiwul ini lengkap dengan toping keju, Sempat terlintas di benak saya " apa rasanya enak ya, thiwul kok pakai keju?"  dan ternyata...... rasanya luar biasa, harmoni antara jajanan kekunoan bersinergi dengan jajanan kekinian menghasilkan kombinasi yang dapat menggoyang lidah saya. Ini enak sekali.
thiwul ayu mbok sum

Keistimewaan thiwul mbok sum ini bukan hanya terletak pada varian rasanya yang tidak ditemui di pasaran saja, namun dari tekstur thiwulnya sendiri yang "cokotable" kalau orang jawa bilang, hehe. Thiwul mbok sum ini sangat lembut, tidak keras dan selalu dibuat fresh. itulah yang membuat saya bisa menghabiskan 1 kotak sendirian, sekali gigit tidak mau berhenti kalau belum habis hahaha..padahal saya biasanya kalau beli thiwul dipasar tidak pernah selahap ini.

Thiwul mbok sum untuk satu kotak nya juga sangat-sangat terjangkau untuk varian rasa gula pasir dan gula jawa hanya dibandrol dengan harga Rp 6000 sedangkan untuk rasa cokelat dan keju cukup dengan RP 10.000 saja. harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan rasa yang sangat istimewa. Thiwul mbok sum ini sangat cocok untuk disajikan sebagai camilan di pagi, siang, ataupun sore hari, ditemani secangkir kopi... waaahh maknyuusss sekali pasti. Selain sebagai camilan, thiwul mbok sum juga cocok dijadikan buah tangan saat anda berkunjung kerumah saudara, teman, ataupun kerabat dekat, karena thiwul mbok sum ini cukup tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin luas, tihwl mbok sum ini buka cabang di tengah kota jogja, yaitu tepatnya berada di jalan sisingamangaraja. thiwul mbok sum buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Thiwul mbok sum solusi jajanan sehat ala simbok. sehat di badan sehat di kantong dan sehat di mata. mari lestarikan budaya sendiri, jangan sampai tergerus dengan jajanan kekinian yang belum terjamin higienisitas dan gizinya. Thiwul mbok sum, jajanan kekunoan yang kekinian

Kekinian thiwul ayu mbok sum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dhiannis

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar ^_^